Kencur

Posted On //

kencur
Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia galanga termasuk dalam suku Zingiberaceae. Tanaman ini merupakan tanaman yang berjenis empon-empon dan memiliki daging buah paling lunak serta tidak berserat. Rimpang dari kencur ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bisa digunakan sebagai stimultan. Empon-empon biasanya adalah sebutan bagi tanaman obat yang tergolong juga dalam suku temu-temuan atau Zingiberaceae diatas.

Kencur memiliki sebutan berbeda dalam tiap negara. Untuk nama kencur sendiri merupakan nama yang dipakai di negara Indonesia. Negara Malaysia menamakan kencur dengan nama cekur, dan pro hom adalah nama sebutan untuk negara Thailand. Kencur sendiri merupakan turunan dari bahasa Sansekerta yang berarti temu putih. (seperti tersebut dalam wikipedia).

Sebutan Kencur di Negara Indonesia

Dalam negara Indonesia sendiri kencur disebut berbeda-beda antara kota satu dengan kota lainnya. Dalam bahasa Sunda biasanya orang menyebutnya sebagai cikur, untuk orang Aceh menyebutnya dengan ceuko, kencor disebut oleh orang Madura, cekuh merupakan sebutan dari Bali, sukung biasa disebut di ranah Manado, dan masih banyak yang lainnya sebutan untuk kencur ini. Sebenarnya kencur sendiri merupakan sebutan di daerah Jawa. Karena banyak sekali penduduk jawa yang bermigrasi maka sedikit banyak maka mereka terpengaruh dengan nama kencur ini.

Rimpang kencur biasanya mengeluarkan aroma yang spesifik, dengan daging buah berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Daun kencur sendiri memiliki 2-3 lembar dengan susunan yang berhadapan antara satu dengan yang lainnya. Bunga dari kencur ini tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga yang berjumlah antara empat sampai dengan dua belas buah. Kencur dapat ditanam didalam pekarangan rumah dan didalam pot, tanaman ini hanya membutuhkan cukup sinar matahari dan tidak terlalu lembab saja.

Manfaat Kencur untuk Manusia

Manfaat dari kencur ini sangatlah banyak karena kencur merupakan tanaman obat. Berbagai manfaat dari kencur seperti : mengobati penyakit radang telinga, influenza, masuk angin, batuk, sakit kepala, mengobati diare dan memperlancar haid. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman kencur ini. Biasanya perusahaan besar berlomba-lomba untuk mencari kencur sebagai bahan tambahan dalam produksi produknya.