Cengkeh

Posted On //

cengkeh
Cengkeh yang memiliki nama Latin Syzgium aromaticum, syn Eugenia aromaticm merupakan keluarga dari pohon Myrtaceae. Dalam bahasa Inggris tanaman cengkeh ini disebut pula dengan nama cloves. Tanaman cengkeh memiliki tangkai bunga kering yang beraroma. Cengkeh atau cengkih ini merupakan tanaman asli dari Negara Indonesia, biasanya banyak orang Indonesia mengambil cengkeh sebagai bumbu penyedap masakan pedas ataupun juga sebagai bahan utama dari pembuatan rokok kretek.

Pembudidayaan Cengkeh di Indonesia

Cengkeh biasanya ditanam di Kepulauan Banda, Kepulauan Madagaskar, dan beberapa negara juga melakukan budidaya penanaman cengkeh ini. Beberapa negara yang melakukan budidaya cengkeh semisal adalah India, Sri Langka, dan juga Zanzibar. Cengkeh sendiri memiliki pohon dan tergolong dalam tanaman tahunan dan pohon ini dapat tumbuh dengan tinggi kurang lebih antara 10 – 20 meter. Bentuk daun dari pohon cengkeh ini lonjong dan memiliki bunga di pucuk-pucuk daunnya. Cengkeh biasanya akan dipanen jika pohonnya sudah mencapai panjang antara 1.5 sampai dengan 2 meter. Biasanya tangkai cengkeh akan berwarna merah dan bunga akan mekar.

Manfaat Cengkeh bagi Manusia

Manfaat cengkeh biasanya bermacam-macam, selain sebagai bumbu maupun sebagai bahan campuran dari rokok kretek, cengkeh juga bisa sebagai bahan campuran dari dupa untuk masyarakat Cina dan Negara Jepang. Kehidupan cengkeh sangat mulus, karena dupa akan selalu digunakan di Negara Cina maupun Jepang. Selain sebagai bahan campuran, minyaknya bisa juga digunakan untuk aroma terapi maupun sebagai obat apabila gigi sedang sakit.

Apakah anda tahu, pestisida nabati ? Yup, cengkeh mampu digunakan sebagai pestisida nabati yang efektif untuk mengendalikan penyakit tanaman dengan menumbuk daun cengkeh yang telah kering sampai halus. Selain hal yang telah tersebut diatas, sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari cengkeh ini. Beberapa orang telah berhasil melakukan praktek pemanfaatan cengkeh untuk mengatasi infeksi pernafasan, sebagai pewangi pakaian, dan bisa juga sebagai penghilang noda jerawat di wajah.

Ketika dinding kamar mandi kotor maka anda tidak perlu menggunakan bahan kimia dalam membersihkannya. Cengkeh bisa juga sebagai alternatif untuk melakukan pembersihan dinding kamar mandi yang kotor terkena air secara terus menerus. Cengkeh dimanfaatkan sebagai antiseptik alami yang bisa digunakan untuk membersihkan sesuatu yang sangat kotor sekalipun.