Jahe

Posted On //
jahe
Jahe sebagai salah satu tanaman pertanian yang memiliki nama binomial Zingiber officinale biasanya digunakan sebagai bahan rempah-rempah dan obat. Apabila anda memakan jahe biasanya akan memberikan rasa dominan pedas.Rasa dominan pedas ini disebabkan dari senyawa zingeron.  India diklaim sebagai negara asal muasal jahe ini. Jahe biasanya hanya bisa tumbuh di daerah tropis dan hanya bisa di dekat garis katulistiwa seperti Asia Tenggara, Brasil dan Afrika. Jika dihitung berdasarkan kuota, maka Negara Equador dan Brasil merupakan pemasok jahe terbesar di dunia.

Spesifikasi Tanaman Jahe

Batang jahe memiliki tinggi antara 30 hingga 100 cm, memiliki akar rimpang dan daging akar yang berwarna kuning hingga kemerahan. Jahe ini memiliki bau sangat menyengat, dengan daun menyirip dan panjangnya sekitar 15 sampai 23 mm. Bunga jahe biasanya tumbuh dari dalam tanah dengan bentuk bulat menyerupai telur. Gagangnya sendiri biasanya bersisik dan memiliki ruas antara 5 sampai dengan 7 buah. Bunga dari pohon ini berwarna hijau kekuningan. Putik dari jahe berwarna ungu sedangkan bibir bunga juga berwarna ungu. Putik memiliki tangkai sebanya 2 biji.

Didalam pasar nyata biasanya orang banyak sekali membutuhkan jahe ini. Di pasar mereka dapat menemukan : jahe kering, jahe basah, jahe bubuk, minyak jahe. Jahe kering sendiri merupakan potongan jahe yang dikeringkan dengan irisan memotong serat irisan tipis. Biasanya jahe kering ini banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan jamu dan perusahaan lain yang bahan dasarnya menggunakan jahe. Bubuk jahe sendiri juga merupakan bahan olahan dari jahe yang telah jadi. Biasanya mereka menggunakan mesin untuk mengolah menjadi bubuk jahe. Jahe dikeringkan dan digiling sehingga memiliki kehalusan butiran bubuk tertentu. Bubuk jahe ini biasanya diperlukan oleh jamu, pembuat minuman penyegar, dan beberapa perusahaan farmasi.

Daerah Penghasil Jahe Kering, Jahe Basah

Jahe yang memiliki suatu rasa khas yaitu pedas biasanya dapat ditemukan didaerah yang subur dan berada di ketinggian antara 0 sampai dengan 1500 meter dari atas permukaan laut. Jahe banyak sekali ditemukan ditempat sekitar rumah dari Violet Group. Apabila anda ingin melakukan pemesanan maka silahkan kontak kami di nomor telepon yang telah tersedia, sehingga kami bisa melakukan prosesing segera untuk pemesanan anda.