Pengertian dan Berbagai Macam Kualitas Ijuk

Posted On //
Ijuk seperti yang kita ketahui merupakan tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi. Meskipun banyak ditemukan di dataran tinggi, ijuk dapat tumbuh pula di dataran rendah. Pohon yang menghasilkan ijuk memiliki bentuk mirip pohon kelapa. Ijuk tumbuh di antara sela-sela batang dengan pohon. Pohon ijuk disebut juga pohon aren. Ijuk bisa tumbuh dengan lebat waktu di musim penghujan. Ijuk yang siap di panen adalah ijuk yang menjulang keluar dari pohon aren dan ijuk yang sudah kering. Untuk mendapatkan ijuk yang baik, tanaman harus dirawat dengan baik dan di butuhkan teknik khusus, dalam ijuk dari pohon.

Ijuk yang sudah dipanen harus dijemur di terik matahari selama 3 – 4 hari, setelah kering ijuk harus di simpan di tempat kering dengan cara menggulung secara rapi dan diikat dengan menggunakan tali dari bambu, agar dapat disimpan dalam waktu yang lama. Dalam penggolongan untuk konsumen yang membutuhkan ijuk, maka ijuk dibagi dikelompokkan menjadi 4 bagian yaitu ijuk kualitas nomer satu, kualitas nomor dua, kualitas nomor tiga dan kualitas nomor empat. Di setiap jenis kualitas ijuk memiliki kegunanan dan manfaat yang berbeda yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masing-masing konsumen.


BERBAGAI MACAM IJUK MENURUT KUALITAS

Ijuk aren dalam gulungan

IJUK KUALITAS NOMOR SATU

Untuk ijuk kualitas nomor satu memiliki rambut yang panjang, tebal dan tekstur yang lebih kuat. Kualitas ini lebih bersih daripada kualitas nomor dua, tiga dan empat. Ijuk kualitas nomor satu sudah terkelupas dari kulit ari dan lidinya. Kualitas nomor satu ini dapat diproses untuk berbagai macam kegunaan, diantaranya bisa dibuat untuk kulit luar dari sapu, dan juga pembuatan sikat kamar mandi. Ijuk kualitas nomor satu biasanya termasuk dalam ijuk kualitas ekspor.

Para pembeli dari luar negeri biasanya membeli ijuk kualitas nomor satu ini untuk bahan campuran pembuatan beton, tiang penyangga dari jembatan, dsb. Sedangkan untuk komoditi ijuk di dalam negeri untuk kulit luar dari sapu adalah ijuk yang diproses dengan cara disisir dan dibersihkan dari kulit ari. Penggunaan kulit luar dari sapu maupun sikat dengan ijuk nomor satu hanya digunakan sebagai pelapis kulit luar dari sapu maupun sikat sehingga membuat kualitas sapu dan sikat menjadi padat, rapi dan tidak mudah rontok.

Dengan tekstur ijuk yang lebih kuat dan tebal akan membuat sapu menjadi lebih kuat dan tebal dan menjadi mudah membersihkan tempat yang tersembunyi disamping bisa menarik kotoran yang membandel pada baju maupun lantai kamar mandi.

IJUK KUALITAS NOMOR DUA

Ijuk kualitas nomor dua memiliki rambut yang lebih lembut dari pada kualitas nomor satu. Dengan tekstur yang lebih lembut ini, maka kualitas nomor dua bisa di gunakan untuk berbagai macam produksi. Biasanya ijuk ini terdapat lidi di dalamnya dan dapat digunakan untuk atap rumah.Apabila digunakan sebagai atap rumah maka akan membuat rumah tampak alami.

Ijuk dengan kualitas nomor dua yang sudah di sisir dapat digunakan sebagai lapisan kedua dari pembuatan sapu maupun sikat sehingga lebih padat dan kuat. Ijuk yang sudah disisir tetapi masih dalam bentuk gumpalan digunakan untuk pembuatan tali tambang dengan cara digiling dengan alat bambu dan di padatkan dengan cara digiling oleh alat bantu tertentu.

IJUK KUALITAS NOMOR TIGA

Untuk ijuk dengan kualitas nomor tiga ini biasanya mempunyai kualitas yang hampir sama dengan ijuk aren yang berkualitas nomor dua, akan tetapi ijuk nomor tiga lebih banyak mengandung lidi dan kulit ari. Kualitas nomor tiga digunakan untuk pembuatan tali tambang akan tetapi lebih banyak digunakan untuk resapan air, sebagai bahan dasar pondasi bangunan maupun sebagai bahan pondasi kolam ikan.

Apabila dipakai sebagai pondasi bangunan biasanya memberikan manfaat sebagai penyerap air dari dalam tanah agar saat didirikannya bangunan, air tidak akan naik / pasang dan akan mengakibatkan kerusakan dari bangunan tersebut .Dengan ijuk sebagai alas pondasi dari kolam ikan biasanya untuk penyerap dan penyaring air sehingga menjadikan air kolam lebih jernih dan bersih dari lumpur ataupun kotoran lainnya. Apabila digunakan sebagai alas kolam ikan biasanya di manfaatkan untuk menaruh telur ikan agar tidak mudah pecah maupun untuk menyembunyikan telur agar tidak di makan oleh ikan yang lainnya.

IJUK KUALITAS NOMOR EMPAT

Kualitas nomor empat ini biasanya mengandung lebih banyak lidi dan kulit ari. Diusahakan apabila melakukan pembelian ijuk kualitas nomor empat gunakanlah sebagai pondasi dan penyerapan didalam septic tank. Bukan hanya dengan kegunaan tersebut diatas, tetapi untuk ijuk kualitas nomor empat ini bisa juga digunakan untuk alas dasar dari atap rumah sebelum di pasang ijuk nomor dua dan tiga.ijuk

Untuk kualitas nomor empat banyak juga di manfaatkan oleh intansi PDAM guna memisahkan antara kotoran dengan air untuk para masyarakat pengguna PDAM. Ijuk ini adalah ijuk yang di letakkan paling dasar dari alas sebuah pondasi, karena manfaat dari ijuk aren nomor empat ini sangat baik dan kuat bila diletakkan ditempat yang paling dasar supaya hasil pondasi bangunan maupun kolam ikan berikut penjernih air PDAM ini lebih maksimal dan tahan lama, serta lebih kokoh.